Tuesday, October 30, 2012

Belajar Mengetik 10 Jari – DOWNLOAD


Dulu banyak program kursus mengetik yang ditawarkan di lembaga-lembaga kursus, namun sekarang sudah jarang. Mungkin karena kecepatan mengetik sudah tidak begitu diperhatikan karena di komputer sekarang orang bisa dengan mudah melakukan copy-paste. Walaupun begitu, tetap saja kemampuan mengetik sepuluh jari ini masih dibutuhkan oleh bidang-bidang tertentu.
Di zaman yang sudah serba komputer ini, banyak tulisan yang kita baca yang awalnya harus diketik dulu. Nah ini menunjukkan bahwa kegiatan mengetik adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan pengguna komputer. Sekarang bagaiman cara kamu mengetik? 11 jarikah? atau  10 jari?
Mengetik sebelas jari adalah cara mengetik yang hanya menggunakan dua jari tangan utama, yaitu telunjuk kanan dan telunjuk kiri. Sedangkan mengetik sepuluh jari adalah mengetik dengan menggunakan semua jari tangan dengan melakukan pembagian kerja penekanan tuts keyboard untuk setiap jarinya mulai dari kelingking kanan sampai kelingking kiri
Menurut saya, mengetik 10 jari itu penting untuk meningkatkan efisiensi kita dalam mengetik. Bayangkan, mengetik sebelas jari sama saja membuang buang waktu karena saat mengetik sebelas jari, pertama kita melihat layar, kemudian melihat keyboard untuk mencari tombol baru kemudian menekan tombol tersebut. Padahal cuma dua jari yang digunakan. Setelah itu melihat layar lagi untuk memastikan ketikan di layar. Selain membuang waktu, biasanya leher dan mata kita jadi lebih cepat lelah. Saat mengetik sepuluh jari yang benar, jari-jari kita sudah mempunyai tugasnya sendiri-sendiri dalam menekan tuts keyboard,sehingga kita tidak perlu bolak balik mencari huruf yang ingin diketikkan.
Untuk bisa mengetik sepuluh jari dengan lancar, kita harus tahu pembagian tuts-tuts keyboard untuk setiap jari. Kita juga harus sering membiasakan diri mengetik 10 jari dengan benar. Dan yang pasti dengan banyak berlatih. Metode-metode latihan yang banyak diajarkan sebenernya melatih kita membiasakan jari kita dengan tuts keyboard. Dulu guru saya bilang “tangan itu punya memori loh, jadi harus dibiasakan”. Nah salah satu cara berlatih yang asik adalah menggunakan software dan game mengetik. Berikut ini software/game yang bisa digunakan untuk berlatih mengetik 10 jari:
biasanya pada kegiatan typing tutor / belajar mengetik, software-software ini akan menunjukkan statistik kesalahan dan kecepatn kita mengetik. Dan ini dapat kita gunakan untuk terus meningkatkan keakuratan dan kecepatan mengetik kita.
Beberapa tips agar kita cepat lancar mengetik sepuluh jari adalah:
  • Jangan melihat keyboard walaupun hanya mengintip. Saat berlatih, usahakan kita hanya melihat ke layar. Ini akan melatih otak kita untuk berkoordinasi dengan tangan dalam mengingat letak tuts keyboard.
  • Kita dapat mengembalikan tangan ke posisi dasar dengan merasakan tonjolan yang ada di keyboard
  • Pada awal latihan, mengetik huruf yang tidak membentuk kata akan membiasakan kita untuk mengenal letak huruf.
  • Sering-seringlah memeriksa stastistik latihan untuk melihat sejauh mana perkembangan latihan yang telah dilakukan.
  • Untuk mengatasi kejenuhan, bermainlah permainan mengetik. Belajar sambil bermain.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Sudah berkunjung di blog ecek-ecek ini, semoga artikel yang ada di blog ini dapat membantu anda. Silahkan tinggalkan pesan yang tidak mengandung Spam!!!