Tuesday, April 30, 2013

Contoh Explanation Text Terbaik | Lengkap Penjelasan


Contoh Explanation Text Terbaik | Lengkap Penjelasan – Kali ini kita akan membahas tentang Explanation Text yang tentu saja termasuk golongan pelajaran bahasa Inggris. Pada dunia pendidikan istilah Explanation text pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun tahukah kamu arti sebenarnya dari Explanation Text tersebut. Jika kamu bertanya apakah sulit membuat Explanation Text itu, jawaban nya tentu saja tidak, malah membuat Explanation Text termasuk mudah, kebanyakan Explanation Text berawal dari sebuah pertanyaan mengapa dan bagaimana. Selanjutnya dari pertanyaan tersebut, dijabarkanlah penjelasannya.

Dalam artikel ini akan diterangkan secara lengkap dan lugas apa itu yang dimaksud dengan Explanation Text dan apa – apa saja contoh nya.

  1. Pengertian
    1.
    Explanation Text adalah satu dari 13 jenis teks bahasa Inggris yang menerangkan sebuah kejadian atau peristiwa

    2. Explanation Text adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya.

  2. 3 bagian penting pembuatan Explanation Text
    1.
    General Statement (biasa disebut juga dengan Intro) - Pada bagian ini sebenarnya merupakan kalimat pembuka untuk memperkenalkan pokok masalah yang akan dibahas. Biasanya merupakan informasi yang sifatnya sangat umum namun masih terkait erat dengan pokok bahasan. 

    2. Sequenced of Explanation -  Bagian ini merupakan inti dari tulisan explanation text yang memiliki fungsi untuk menjawab permasalahan terkait dengan pertanyaan "Why" dan "How". Biasanya bagian merupakan bagian terpanjang dari tulisan yang bisa terdiri dari satu paragraf atau lebih.

    3. Closing - Sebenarnya tanpa closing pun sebuah tulisan masih bisa dikategorikan sebagai explanation text. Namun, beberapa pendapat menyatakan bahwa closing juga diperlukan untuk membuat tulisan lebih terstruktur. Biasanya dalam closing diutarakan tentang kesimpulan atau bahkan ide dan pemilikiran yang ingin disampaikan penulis terkait dengan tulisan tersebut.

Contoh Explanation Text
Making Paper from Woodchips

General statement
Woodchipping is a process used to obtain pulp and paper products from forest trees. The woodchipping process begins when the trees are cut down in a selected area of the forest called a coupe.


(Woodchipping adalah proses yang digunakan untuk memperoleh produk bubur kertas dan kertas dari pohon-pohon hutan. Proses woodchipping dimulai ketika pohon ditebang di area yang dipilih dari hutan yang disebut coupe.)


Squence of explanation
Next the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat. The pulp is then bleached and the water content is removed.

(Selanjutnya bagian atas dan cabang-cabang dari pohon tersebut dipotong dan kemudian batang-batang kayunya dibawa ke pabrik pengilingan. Di pabrik pengilingan kulit kayu akan dihilangkan dan batang-batang kayu tersebut dibawa ke mesin pemotong kayu (chipper) yang memotong batang-batang kayu tersebut menjadi potongan-potongan kecil yang disebut serpihan kayu (woodchips). Serpihan kayu tersebut kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran dan benda-benda lainnya. Pada tahap ini mereka bisa diekspor dalam bentuk tersebut atau dirubah menjadi bubur kertas dengan bahan kimia dan panas. Bubur tersebut kemudian diputihkan dan kadar airnya akan dihilangkan.)

Closing
Finally the pulp is rolled out to make paper.

(Akhirnya bubur kertas tersebut digulung untuk dibuat kertas kertas.)

Sebenarnya masih banyak lagi contoh – contoh yang dapat kamu baca, namun karena banyak hal yang harus dipertimbangkan, akhirnya saya memutuskan untuk mengupload seluruh file yang berisi contoh – contoh Explanation Text ke internet dan dapat Anda download dengan mudah dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Sudah berkunjung di blog ecek-ecek ini, semoga artikel yang ada di blog ini dapat membantu anda. Silahkan tinggalkan pesan yang tidak mengandung Spam!!!